Semakin Tua Usia Wanita, Kepuasan Seksualnya Makin Meningkat


Semakin bertambah usia seorang wanita bisa dipastikan hasrat seksualnya akan semakin menurun. Namun baru-baru ini sebuah studi baru mengungkapkan temuan yang mengejutkan yaitu meskipun hasratnya menurun, wanita paruh baya justru mengalami peningkatan kepuasan seksual ketika bercinta dengan pasangannya.


Hal ini diungkap oleh tim peneliti dari University of California, San Diego School of Medicine dan Veteran Affairs San Diego Healthcare System setelah mengevaluasi aktivitas dan kepuasan seksual yang dilaporkan oleh 806 wanita yang ambil bagian dalam Rancho Bernardo Study.

Usia rata-rata partisipan dalam studi ini tercatat 67 tahun dan 63 persen partisipan dilaporkan tengah memasuki masa pasca-menopause. Tapi separuh partisipan memiliki pasangan yang masih aktif melakukan aktivitas seksual dalam kurun 4 minggu belakangan.

Studi ini mengukur prevalensi aktivitas seksual partisipan yang dilakukan belakangan; karakteristik yang dikaitkan dengan aktivitas seksual, termasuk demografi, kesehatan dan penggunaan hormon; frekuensi rangsangan, lubrikasi, orgasme dan nyeri selama berhubungan seksual; serta hasrat dan kepuasan seksual pada wanita yang lebih tua.

"Nyatanya hanya 1 dari 5 wanita yang aktif bercinta dan dilaporkan memiliki hasrat seksual yang tinggi," ungkap ketua tim peneliti Elizabeth Barrett-Connor, MD, profesor sekaligus kepala Division of Epidemiology, Department of Family and Preventive Medicine, University of California, San Diego School of Medicine.

"Sebaliknya, diperkirakan separuh wanita berusia 80 tahun ke atas dilaporkan lebih banyak terangsang, mengalami lubrikasi dan orgasme sepanjang waktu tapi jarang memiliki hasrat seksual. Hal ini bertentangan dengan model seks tradisional di mana hasrat mendahului seks sekaligus menunjukkan bahwa wanita bersedia terlibat dalam aktivitas seksual karena dilatarbelakangi berbagai alasan, termasuk penegasan terhadap hubungan atau kewajiban untuk memberikan nafkah lahir batin pada pasangan," tambahnya.

Meskipun usia yang tua telah dikatakan sebagai indikator signifikan rendahnya kepuasan seksual, presentase wanita yang mengaku puas dengan kehidupan seksualnya justru meningkat seiring dengan pertambahan usianya. Bahkan diperkirakan separuh wanita berusia 80 tahun ke atas dilaporkan hampir selalu atau selalu mengalami kepuasan seksual.

Selain itu, disamping partisipan termuda, partisipan tertua juga diketahui mengalami kepuasan orgasme tertinggi diantara partisipan lainnya.

"Dari studi ini diketahui bahwa aktivitas seksual itu tak melulu diperlukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Mereka yang mengalaminya justru memperoleh kepuasan lewat sentuhan, belaian atau bentuk keintiman lainnya yang terus dipertahankan dalam hubungan yang telah berjalan lama," tukas peneliti lain, Susan Trompeter seperti dilansir dari timesofindia, Kamis (13/12/2012).

Menurut Trompeter, kedekatan emosi dan fisik dengan pasangan justru dianggap lebih penting daripada orgasme. Jadi pendekatan positif terhadap kesehatan seksual wanita yang lebih terfokus pada kepuasan seksual tampaknya lebih bermanfaat ketimbang hanya memperhatikan aktivitas seksual atau disfungsinya saja.

Studi ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Medicine.

http://health.detik.com

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot